Si Kecil Tenang, Bunda pun Senang! - Neni Triani

Si Kecil Tenang, Bunda pun Senang!


Sudah hampir satu bulan ini tidak ada jerit tangis yang memintaku untuk tidak berangkat ke sekolah. Yang ada lambaian tangan yang seakan memberikan energi untuk bekerja penuh semangat dan ucapan mesra  penuh kasih darinya. “Daaaah...Hati-hati ya Bunda, nanti pulangnya main bola lagi ya!” ucapnya sambil mencium tanganku dan akupun membalasnya dengan mencium tangan mungilnya.
Tak puas dengan itu sambil mengantarku ke pintu pagar, dia kembali bertutur, “Bunda nanti pulangnya mau dijemput siapa?” Saya jawab “ Aga saja yang jemput ya?, tapi Aganya harus mandi dulu!”. “Asiiik...! Iya Bun..” jawabnya dengan girang. “Peluk dulu Bundaa...” pintanya. Aku pun membalas pelukannya. “Bunda berangkat dulu ya sayaang... Assalamu’alaikum!”. “Waalaikum salam...” jawabnya.
So Sweet..!

Ada gak yang pernah mengalami hal serupa denganku? Si kecil menangis tidak mau ditinggal kerja di waktu pagi. Duuh...sediih nya! Di tempat kerja jadi gelisah dan merasa bersalah.
Aku berpikir mencari cara bagaimana caranya supaya ketika tiba waktunya berangkat kerja tidak diiringi dengan jerit tangis yang membuat membuat gundah gulana (beneran lho! Bikin hati galau antara berangkat dan tidak) tidak menentu.

Berbagai cara telah aku lakukan. Akhirnya aku menemukan trik untuk menghentikan jerit tangis ketika aku mau berangkat kerja.
Pertama, bangunkan si kecil lebih pagi dari biasanya. Ajak bermain dan bercerita di tempat tidur. Buat dia gembira, tertawa dan bahagia ada bundanya disampingnya ketika membuka mata di pagi hari.

Kedua, ajak si kecil mengikuti kegiatan kita di pagi hari. Seperti memasak bersama, menyapu, atau mengepel lantai.

Ketiga, jangan lupa untuk memandikannya dan mengenakannya pakaian. Kalau memang sudah terbiasa mandi dan berpakaian sendiri tinggal membimbing saja, barangkali mandinya belum bersih atau ketika berpakaian ada yang terbalik.  
Usahakan kegiatan ini tidak ditemani oleh orang lain, pada saat mandi dan berpakaian ajak kembali dia bercerita tentang kegiatan ayah, bunda dan kakaknya atau meminta dia menceritakan kegiatannya sendiri.

Naah...apabila si kecil sudah tampil rapih. Bilang padanya kalau sekarang giliran Bunda yang berganti pakaian. Berarti Bundanya harus mandi terlebih dahulu, mandinya bisa sebelum membangunkan si kecil. Tapi ganti pakaiannya nanti setelah si kecil tampil rapih. Supaya dia tidak kaget ketika bangun tidur Bundanya sudah siap berangkat kerja.

Keempat, jangan lupa untuk mengajak si kecil untuk sarapan bersama.

Pokoknya jangan sampai ada  kegiatan yang bisa dikerjakan bersama si kecil sebelum berangkat kerja terlewat begitu saja. 
Buatlah dia senang, bahagia dan tenang.
Cukup mudah bukan untuk membuat si kecil tenang saat kita tinggal untuk bekerja?
Silahkan di coba...Semoga membantu..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Si Kecil Tenang, Bunda pun Senang!"

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya..