Inilah Asal Usul Kemeja - Neni Triani

Inilah Asal Usul Kemeja



www.topkeren.com

Anda sering menggunakan kemeja? Sudah tahu asal usul kemeja belum?

Saya juga penasaran memangnya kemeja ada asal usulnya ya?
Cari tahu yuk!

Kemeja biasanya dipakai oleh para laki-laki yang memiliki ciri khas dibagian kerahnya menggunakan kancing depan. Kemeja ada yang berlengan panjang atau pendek. Bentuk kemeja hampir sama dengan jenis baju pada umumnya yaitu menutupi bagian tubuh dari bahu sampai panggul dilengkapi dengan kerah yang disebut dengan kerah kemeja.

Kemeja ini merupakan salah satu kebutuhan pakaian yang bisa dipakai oleh berbagai kalangan. Baik itu anak-anak sampai orang dewasa yang penggunaannya bisa  untuk acara formal maupun non formal. Namun seiring dengan perkembangan dunia mode, kemeja yang pada awalnya dinilai pakaian resmi ternyata bisa dibuat dengan model yang memperlihatkan kesan tidak resmi. Salah satu triknya yaitu dengan memadupadankan kemeja dengan jenis pakaian lainnya.

Dalam Bahasa Portugis kemeja disebut Camisa yaitu pakaian atas yang digunakan untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke daerah perut. Nama lainnya adalah kamisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya; blus, dari bahasa Perancis, biasanya dipakai oleh wanita dan hem dari bahasa Belanda demikian dilansir dari kolomsejarahdunia.blogspot.co.id

Awal tahun 1800-an bentuk kerah besar dan kaku yang berbahaya dan tajam merupakan awal perubahan bentuk kerah yang tren sampai saat ini. HG. Wells mengeluh sakit leher dan di bawah telinganya ada bekas merah karena gesekan bagian kerah.

Dalam buku Men’s Wardrobe seri Chic Simple disebutkan para bangsawan Eropa abad ke-17 kemeja putih dikenal sebagai bajunya kaum bangsawan zaman dulu. Kemeja tersebut dihiasi renda pada bagian dada dan lengan. Kemeja putih tersebut sering digunakan dengan tuxedo yang merupakan busana dikalangan bangsawan Inggris.

Pria yang menggunakan kemeja putih dianggap orang kaya karena sering mengganti kemejanya dengan kemeja ptih yang lebih putih bersih lagi. Sampai akhir abad ke-19 kemeja dengan warna putih dianggap paling mewah dan elegan tanpa menilai jenis bahannya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menggunakan kemeja yang disesuaikan dengan kesempatan:
Kemeja Formal : Biasanya terdiri dari 2 macam yaitu kemeja motif vertikal dan kemeja polos.  Pilihan kemeja warna gelap memiliki kesan yang formal.

Kemeja Casual  : Kemeja ini dapat dipakai saat suasana tidak terlalu formal atau terkesan santai. Biasanya warna yang cenderung sering dipakai yaitu warna cerah seperti biru, hijau, merah. Motif yang dipilih  bisa seperti  kotak-kotak.

Saat ini batik bisa dijadikan salah satu pilihan untuk membuat kemeja. Selain bisa memberikan kesan resmi dan santai, batik ini merupakan ciri khas dari  budaya Indonesia.

Demikian sekilas tentang asal usul kemeja.








Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Asal Usul Kemeja"

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya..