Mengenal Macam-Macam Sulaman - Neni Triani

Mengenal Macam-Macam Sulaman



Sering melihat kain yang dihias dengan benang?

Bukan hanya baju saja yang bisa dihias dengan benang ini, lenan rumah tangga pun bisa dihias dengan menggunakan aneka tusukan benang yang lebih dikenal dengan sebutan sulaman.

Seni menghias kain telah dikenal dengan berbagai teknik yang masing–masing teknik mempunyai ciri-ciri tersendiri.
Dengan ciri-ciri tersebut dapat membedakan setiap jenis teknik hias. Salah satu teknik menghias busana dengan menggunakan berbagai tusuk hias adalah sulaman.

Ada berbagai jenis sulaman yang dapat digunakan untuk menghias busana, baik sulaman yang dibuat menggunakan bantuan mesin maupun menggunakan tangan.

Apalagi jika kita amati perkembangan mesin sulam saat ini. Dengan bantuan mesin sulam, komputer dan satu orang operator dapat dihasilkan kain yang disulam dalam jumlah banyak.
Namun masih banyak jenis sulaman yang harus dikerjakan dengan tangan dan jenis sulaman ini dihargai dengan harga yang relatif tinggi.

Ada banyak sulaman yang dibuat menggunakan tangan yang dijelaskan dalam banyak literatur. Beberapa jenis sulaman yang dapat digunakan untuk menghias kain atau busana diantaranya yaitu:
1. Teknik menghias kain yang termasuk sulaman putih
Sulaman putih adalah jenis teknik hias, di mana bahan dasar (kain yang akan di hias) dengan benang hiasnya menggunakan warna yang sama atau senada.

Dikenal dengan nama sulaman putih karena pada masa lalu jenis sulaman ini hanya dibuat pada kain putih. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang berhasil menemukan berbagai pewarna untuk kain dan benang hias, sulaman putih tidak hanya dikerjakan pada kain putih saja tetapi dibuat pula pada berbagai jenis kain berwarna, namun demikian benang hias yang digunakan tetap senada dengan kain dasarnya.
Sulaman putih terdiri atas : Sulaman Inggris, Sulaman Richelieu, Sulaman Metalase dan Sulaman Bayangan.


Contoh Sulaman Inggris
http://handycrafts-jambak.blogspot.co.id


Sulaman Bayangan
http://slideplayer.info


2. Teknik menghias kain sulaman berwarna.
Sulaman berwarna adalah jenis teknik menghias kain di mana warna kain dasar dengan warna benang sulam yang digunakan untuk menghias dapat bervariasi sesuai dengan selera atau keinginan masing–masing.
Sulaman berwarna pada tenunan rapat meliputi : Sulaman Fantasi atau sulaman bebas, Perancis, Janina, Jerman, Tiongkok, Terawang dan sulaman lekapan yang mencakup sulaman lekapan benang, aplikasi, dan inkrustasi serta sulaman berwarna yang dikerjakan pada kain bagi mencakup sulaman holbein, sulaman kruisteek (tusuk silang), sulaman asisi, sulaman taula swedia, sulaman mengubah corak kotak, garis atau corak bulat, dan smock.

http://slideplayer.info

Sulaman Mengubah Corak
Fitinline.com

Sulaman Lekapan Benang
http://kursusjahityogya.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Macam-Macam Sulaman"

Post a comment

Terima kasih atas kunjungannya..